Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pintu pintu Surga

Ibnu Abbas Ra berkata : Surga mempunyai 8 pintu yang terbuat dari emas, yang di hiasai dengan jauhar (sejenis mutiara) dan pada;

Pintu pertama tertulis kalimat: "Laa ilaaha Illallahu muhammadur Rasuu-lullah" yaitu pintu bagi para Nabi dan Rasul, syuhada' dan juga pintunya orang- orang yang dermawan.

Pintu Kedua, yaitu pintu bagi orang- orang yang mendirikan sholat, orang yang menyempurnakan wudhunya dan orang- orang yang menyempurnakan rukun- rukun sholatnya.

Pintu Ketiga, yaitu pintu bagi orang- orang yang memberikan zakatnya dengan senang hati dan ikhlas.

Pintu keempat, yaitu pintu bagi orang- orang yang memerintahkan kepada kebajikan dan mencegah terhadap perbuatan munkar.

Pintu kelima, yaitu pintu bagi orang- orang yang memelihara syahwatnya dan mencegah dari nafsu yang buruk.

Pintu keenam, yaitu pintu bagi orang- orang yang melaksanakan ibadah haji dan umrah.

Pintu ketujuh, yaitu pintu bagi orang- orang yang berjihad (dijalan Allah) dan;



Pintu kedelapan, yaitu pintu bagi orang-orang yang bertaqwa, yaitu bagi orang yang memejamkan matanya dari perbuatan dan sesuatu yang haram, orang- orang yang melakukan kebaikan, diantaranya: berbuat baik kepada orang tua, mempererat tali persaudaraan (silaturrahim) dan lain sebagainya.

Surga ada 8 (delapan) macam:
1. Darul Jalal, yaitu surga yang terbuat dari mutiara putih.
2. Darus Salam, yaitu surga yang terbuat dari yaqut merah.
3. Jannatul Ma'wa, yaitu surga yang terbuat dari zabarjad hijau.
4. Jannatul khuldi, yaitu surga yang terbuat dari marjan yang berwarna merah dan kuning.
5. Jannatun na'im, yaitu surga yang terbuat dari perak putih.
6. Jannatul Firdaus, yaitu surga yang terbuat dari emas merah.
7. Jannatu 'Adn, yaitu surga yang terbuat dari intan putih.
8. Darul Qarar, yaitu surga yang terbuat dari emas merah.

Darul Qarar adalah surga yang paling utama dibandingkan dengan surga yang lain. Surga ini mempunyai dua pintu dan dua daun pintu, satu daun pintu terbuat dari emas, dan yang satunya terbuat dari perak. Jarak antara setiap pintu adalah sebagaimana jarak antara bumi dan langit. Adapun bangunan yang ada didalamnya terbuat dari bata emas dan bata perak, tanahnya dari misik, debunya dari anbar, rumputnya dari za'faran, istana-istananya dari mutiara, kamarnya dari yaqut dan pintunya dari jauhar (mutiara).

Di dalam surga ini terdapat sungai yang namanya sungai "Rahmat" yaitu sungai yang mengalir ke seluruh surga, kerikil- kerikilnya dari mutiara yang sangat putih, lebih putih dari embun dan lebih manis dari madu.

Didalam surga terdapat sungai yang bernama "Kautsar" yaitu sungai nabi kita Muhammad Sholullahu alaihi wasalam, pohon- pohonya dari intan dan yaqut. Di dalam surga juga terdapat sungai "Kafur", sungai "Tasnim", sungai "Salsabil" dan sungai "Rahiqul Makhtum" dan di belakang sungai- sungai ini, terdapat sungai- sungai lain yang tidak terhitung jumlahnya.




Post a Comment for "Pintu pintu Surga"