Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keutamaan dan Faidah bersiwak

1. Dengan bersiwak akan mendatangkan keridhoan Allah Ta'ala
Dari Ibnu Umar r.huma, Nabi sholallahu alaihi wassalam bersabda: " Selalulah bersiwak, karena hal itu akan membersihkan mulut dan mendatangkan keridhoan Allah Ta'ala.

2. Dengan bersiwak akan melipat gandakan pahala Sholat
Sholat dengan bersiwak akan memperoleh pahala berlipat ganda. Banyak riwayat yang menjelaskan akan hal ini dan berbeda- beda. Kadang sebuah Riwayat menyebutkan 70 kali lipat,ada juga yang 75 kali lipat. Akan tetapi Riwayat yang masyur adalah 70 kali lipat, seperti perkataan Imam Ahmad, bahwa pahala sholat dengan bersiwak itu dilipat gandakan 70 kali lipat. Ada juga disebutkan dalam kitab Thahthawi dengan Syarah Miraqil Falah, sahabat Ibnu Abbas radiallahuanhu, Atha radiallahuanhu mengatakan bersiwak melipat gandadakn pahala sebanyak 99 kali sampai 400 kali lipat.
Para Ulama memberikan jawaban yang berbeda- beda, sebagian mengatakan disebabkan oleh keikhlasan, karena nilai sebuah keikhlasan sangat tinggi, sehingga pahalanya akan berlipat ganda.
Oleh karena itu kadang disebutkan 70 kali, 75 kali, kadang 99 kali atau bahkan 400 kali lipat. semakin seseorang ikhlas dalam amal maka akan bertambah pula nilai pahalanya. Jadi dapat dipahami bahwa sholat dengan bersiwak akan melipat gandakan pahala dibandingkan dengan sholat yang dikerjakan tanpa bersiwak.
Ada lagi riwayat dari Ibnu Syihab radhiallahuanhu menyebutkan bahwa Rasullullah sholallahu alaihi wasallam bersabda: " Apabila seorang berwudhu baik siang ataupun malam dengan wudhu yang sempurna, kemudian bersiwak, lalu mengerjakan sholat, maka para malaikat mengerumuninya. Mulut- mulut para malaikat itu akan di dekatkan kepada mulut orang tersebut.

3. Dengan bersiwak akan menambah kefasihan berbicara
4. Dengan bersiwak akan menguatkan ingatan (hafalan seseorang)
5. Dengan bersiwak akan terhindar dari berbagai macam penyakit
6. Dengan bersiwak Para malaikat akan berjabat tangan dengan kita

Dari Sahabat Ibnu Abbas radhiallahu anhuma, Rasullullah sholallahu alaihi wasallam bersabda:" Jagalah selalu bersiwak, karena sesungguhnya padanya ada 10 kebaikan 1). membersihkan mulut; 2). Membuat Allah ta'ala Ridho; 3). Membuat malaikat senang; 4). Mencerahkan pandangan; 5). Memutihkan gigi; 6). Menguatkan gusi; 7). menghilangkan lendir; 8). Mempercepat pencernaan makanan; 9). Menghilangkan dahak; 10). Melipatgandakan pahala (Hr. Tirmidzi)

Wallahu'alam

Post a Comment for "Keutamaan dan Faidah bersiwak"