Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Sholatnya orang-orang Sholeh

Kisah Sholatnya orang-orang Sholeh
Kisah ke-1

Dikisahkan tentang Syaikh Abdul Wahid Rah, seorang ahli tasawwuf yang masyhur. Dia berkata, "Suatu hari, rasa kantuk menyerangku luar biasa, sehingga aku meninggalkan wirid- wirid dan dzikir-dzikir malamku malam itu. Aku bermimpi berjumpa dengan seorang gadis cantik jelita berpakaian sutera hijau. Sekujur tubuh gadis itu hingga sepatunya sibuk membaca tasbih. Gadis itu berkata " Milikilah aku! Aku menginginkan engkau". Kemudian ia membaca bait syair kerinduan. Setelah terbangun dari mimpiku, aku bersumpah tidak tidur akan malam hari". Diriwayatkan selama empat puluh tahun dia sholat shubuh dengan wudhu Sholat Isya". (dari kitab Nuzhatul majalis)


Kisah ke-2

Syaikh Mazhhar sa'di Rah, seorang ulama, selama enam puluh tahun menangis karena cinta dan rindu kepada Allah STW. Suatu malam,ia bermimpi melihat sebuah sungai mengalir penuh kasturi. Disetiap sisinya, berderet- deret pohon mutiara beranting emas dan beberapa orang gadis belia yang sibuk bertasbih kepada Allah SWT. ia bertanya kepada mereka, "Siapakah kalian?" Gadis- gadis itu menjawab dengan membaca dua bait syair, yang lebih kurang bermaksud :

Kami diciptakan oleh Tuhan manusia seluruh alam
Yaitu Tuhan Nabi Muhammad Shollallahu 'alaihi wasallam
untuk orang yang berdiri di hadapan Allah sepanjang malam
serta selalu bermunajat kepada Tuhan semesta alam


Kisah ke-3

Syaikh Abu Bakar Dharir Rah, berkata," Ada seorang hamba muda yang tinggal bersamaku. siang hari, ia berpuasa dan malam hari ia bertahajjud. Suatu hari, ia mendatangiku dan bercerita, "semalam aku tertidur, dan bermimpi melihat dinding mihrab telah terbelah dan keluar darinya beberapa gadis yang cantik jelita, namun salah seorang di antara mereka ada yang amat buruk rupanya. Aku bertanya kepada mereka, "Siapakah kalian?" Siapakah yang bermuka buruk itu?" mereka menjawab, "Kami adalah malam-malammu yang dahulu (yang penuh dengan ibadah), dan yang buruk itu adalah malammu yang sekarang (yang habis untuk tidur)." (dari kitab Nuzhatul majalis)


Kisah ke-4

Seorang syaikh berkata, "suatu malam kantuk yang luar biasa menyerangku sehingga mataku sulit terbuka. Aku bermimpi melihat seorang gadis yang cantik rupawan. Belum pernah aku melihat gadis secantik itu seumur hidupku. Aku juga mencium semerbak harumnya, dan belum pernah mencium bau seharum itu. Gadis itu memberiku sehelai kertas yang berisi tiga bait syair, yang kurang lebih artinya :

Engkau sibukkan dirimu dengan kelezatan kantukmu
Sehingga engkau lalaikan istana- istana surga itu
Yang di dalamnya kau akan kekal dan akan hidup selalu
Bangunlah engkau segera dari kantukmu
Bacalah Al-Quran dalam Tahajjudmu
Itu lebih baik daripada engkau tidur selalu

Syaikh itu, berkata, "Setelah mimpi itu, setiap aku diserang kantuk, aku beringat syair tersebut dan kantukku lenyap seketika."







Post a Comment for "Kisah Sholatnya orang-orang Sholeh"