Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Amalan yang di kerjakan semata- mata karena Allah SWT


Pentingnya Amalan yang di kerjakan semata- mata karena Allah SWT

Dikisahkan di dalam kitab Ihya  Ulumuddin, bahwa ada seorang ‘abid (ahli ibadah) dari kalangan Bani Israil yang selalu sibuk beribadah. Suatu ketika, orang- orang  mendatanginya. Mereka memberitahu bahwa di daerah ini, ada suatu kaum yang menyembah pohon, mendengar kabar ini, ‘abid itu pun marah. Ia segera pergi sambil membawa kapak untuk menebang pohon tersebut.

Ditengah jalan , ia bertemu dengan setan yang menjelma menjadi seorang laki- laki tua. Laki- laki tua itu bertanya kepadanya, “engkau mau kemana?” Abid itu menjawab, “Aku akan menebang pohon itu!” lelaki jelmaan setan itu bertanya lagi, “Apa urusanmu dengan pohon itu? Sebaiknya sibukkan dirimu dengan ibadah saja, kamu telah meninggalkan ibadah hanya untuk pekerjaan yang sia- sia. “Abid menjawab, “ini juga ibadah.” Sahut setan, “aku tidak akan membiarkanmu menebangnya!”.

Maka berkelahilah mereka berdua,  dan ‘Abid berhasil menindih dada orang itu dan mengalahkannya. Namun setan tetap berusaha merayu ‘Abid dengan berkata, “wahai ‘abid, dengarkanlah ucapanku!” ‘Abid pun melepaskannya, setan berkata, “wahai ‘Abid, bukankah Allah SWT tidak mewajibkan perbuatan ini kepadamu, dan kamu pun tidak merugi dengan perbuatan mereka itu? Kamu tidak ikut menyembah pohon itu, sedangkan jika Allah SWT menghendaki, Allah SWT dapat memerintahkan Nabi-Nya untuk menebang pohon itu. ‘Abid berkata, “aku tetap akan menebangnya”.

Mereka pun berkelahi kembali. Setan dapat dikalahkan untuk kedua kalinya.’Abid berhasil menindih dadanya. Akhirnya setan berkata, “Demi kebaikanmu, aku akan mengatakan sesuatu kepadamu. “Katakanlah!” jawab ‘abid. Setan berkata, ‘’kamu orang miskin, kehidupanmu sangat berat. Jika kamu tidak menebang pohon itu, aku akan menyediakan untukmu tiga dinar enam setiap hari. Kamu akan mendapatkannya dibawah bantalmu setiap hari, sehingga segala keperluanmu akan terpenuhi, dan kamu dapat berbuat baik kepada teman- temanmu. Dengan uang itu, kamu dapat membantu fakir miskin sehingga mendapat banyak pahala. Sedangkan jika kamu menebang pohon itu, kamu hanya mendapat satu pahala dan usahamu akan sia- sia saja. Sebab, mereka akan menanam pohon lain untuk di sembah!”.
‘Abid akhirnya termakan rayuan setan itu dan menerima tawarannya. Selanjutnya, selama dua hari, ‘abid itu selalu mendapatkan uang dinar yang dijanjikan setan kepadanya. Namun, pada hari ketiga, ‘abid tidak menemukan uang dinar seperti biasanya. Ia pun marah dan segera mengeluarkan kapaknya, lalu pergi untuk menebang pohon yang disembah orang- orang itu. Ditengah jalan, ia bertemu dengan lelaki tua (jelmaan setan) itu kembali.”mau kemana kamu?” tanya lelaki tua. Jawab ‘Abid “Aku pergi untuk menebang pohon itu. “lelaki tua(setan) itu berkata, “Kamu tidak akan dapat menebangnya”.  Lalu keduanya berkelahi. Akhirnya, kali ini lelaki tua itu berhasil mengalahkan ‘abid itu, lalu menindih dadanya. ‘Abid sangat heran dan bertanya, “mengapa kali ini kamu dapat mengalahkanku?” jawab lelaki tua, “Dulu kemarahanmu semata- mata karena Allah Subhana wata'ala sehingga kamu dapat mengalahkanku. Kini aku dapat mengalahkanmu, karena niatmu telah tercampuri oleh dinas emas.

Sesungguhnya suatu Amal yang di kerjakan semata- mata karena Allah SWT, akan mempunyai kekuatan yang luar biasa.

Dari kitab fadhilah Amal



2 comments for "Pentingnya Amalan yang di kerjakan semata- mata karena Allah SWT"

  1. Terima kasih atas informasinya, sangat bermanfaat, dan dapat menambah wawasan keislaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih telah berkunjung,,, semoga hari anda menyenangkan

      Delete