Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Malaikat Agung yang diciptakan Allah Ta'ala

Ketahuilah, bahwa sesunggunya Allah Ta'ala telah menciptakan 4 (empat) malaikat yang mulia, yaitu:
1. Israfil AS
2. Mikail AS
3. Jibril AS
4. Izrail AS

Dan Allah menyerahkan (mengamanatkan) urusan para makhluk dan urusan untuk mengatur alam kepada para malaikat tersebut:
a. Jibril AS ditugaskan untuk menyampaikan wahyu dan risalah.
b. Mikail AS ditugaskan untuk mengatur hujan dan rezeki.
c. Izrail AS ditugaskan untuk mencabut nyawa (ruh).
d. Israfil AS ditugaskan untuk menjaga sangkakala dan meniupnya pada hari kiamat.

Malaikat Israfil AS.
Ibnu Abbas Ra berkata: Malaikat Israil, memohon kepada Allah Ta'ala agar diberi kekuatan untuk menyangga langit yang tujuh, lalu Allah Ta'ala memberikan kekuatan, dan Israfil AS kembali memohon diberi kekuatan untuk membawa bumu yang tujuh lalu Allah Ta'ala pun memberinya kekuatan. Dan Israfil AS memohon kepada Allah Ta'ala membawa angin, gunung, jin dan manusia dan segala macam binatang dan Allah Ta'ala pun memberinya kekuatan. Mulai dari bawah telapak kaki hingga kepalanya Israfil AS dipenuhi rambut dan lisannya ditutupi dengan hijab, setiap lisan membaca tasbih kepada Allah Ta'ala dengan seribu macam logat (bahasa) dan dari tubuh malaikat Israfil AS, Allah Ta'ala menciptakan beribu-ribu malaikat yang membaca tasbih hingga hari kiamat, mereka dinamakan Al-Muqarrabuun 'indallah (malaikat yang mendekatkan diri disisi Allah), Hamalatul 'Arsyi (malaikat yang membawa Arsyi), dan Kirramul Kaatibiin (malaikat yang mulia yang mencatat Amal).

Mereka semua sama dan serupa dengan malaikat Israfil AS. Malaikat Israfil AS melihat neraka jahanam sehari semalam 3 kali sambil mengharap kepada Allah Ta'ala sampai lemas seperti tali gendewa (talinya busur panah) sebab sangat kerasnya tangisan tersebut, seandainya Allah Ta'ala membendung air mata Israfil AS, maka bumi akan dibanjiri air mata Israfil AS sebagaimana banjir pada masa Nabi Nuh AS. dan saking besarnya malaikat Israfil AS, seandainya semua air yang ada dilautan dan sungai ditumpahkan pada kepala malaikat Israfil AS, maka air tersebut tidak setetespun akan jatuh kebawah.

Malaikat Mikail AS
Malaikat Mikail AS diciptakan oleh Allah Ta'ala sesudah Malaikat Israfil AS terpaut 500 (lima ratus) tahun. Dari kepala sampai ujung kaki malaikat Mikail AS dipenuhi rambut yang diciptakan dari Za'faron, dan sayapnya diciptakan dari Zabarjad (sejenis zamrud) berwarna hijau.
Pada setiap rambut terdapat beribu-ribu wajah, dan pada setiap wajah terdapat beribu-ribu mata, setiap ada kaum mukmin yang berbuat dosa mata tersebut menangis merasa kasihan terhadap orang mukmin tersebut.
Pada setiap wajah terdapat beribu-ribu mulut, dan pada setiap mulut terdapat beribu-ribu lisan yang berbicara dengan beribu-ribu macam logat (bahasa), dan setiap lisan memohon ampunan kepada Allah Ta'ala bagi orang mukmin dan orang-orang yang berbuat dosa, dan meneteslah dari setiap mata 70.000 (tujuh puluh ribu) tetesan, maka Allah Ta'ala jadikan dari setiap tetesan tersebut berupa satu malaikat yang serupa dengan malaikat Mikail AS dan mereka bertasbih kepada Allah Ta'la sampai datangnya hari kiamat, mereka dinamakan "Karubiyyuun" yaitu pembantu malaikat Mikail AS yang diberi kewenangan atas hujan, tumbuh-tumbuhan, rizki dan buah-buahan, maka tidak akan ada lautan, buah dari pohon dan tumbuh-tumbuhan diatas bumi kecuali bila malaikat Karubiyyuun menghendakinya.

Milaikat Jibril AS 
Malaikat Jibril AS diciptakan Allah Ta'ala setelah malaikat Mikail AS terpaut 500 (lima ratus) tahun. Malaikat Jibril AS mempunyai 600 (enam ratus) sayap. Dari kepala sampai ujung kakinya dipenuhi rambut yang diciptakan dari za'faron.
Matahari berada diantara kedua matanya, dan rambutnya bagaikan bulan dan bintang. Setiap hari malaikat Jibril AS masuk kedalam samudera Nur (cahaya), dan ketika keluar jatuhlah dari tiap-tiap sayapnya beribu-ribu tetesan, maka dari tiap-tiap tetesan Allah Ta'ala menciptakan satu malaikat yang serupa dengan malaikat Jibril AS yang bertasbih kepada Allah Ta'ala sampai hari kiamat, mereka dinamakan "Ruuhaaniyyuun".

Malaikat Maut (Izrail AS)
Rupa malaikat Maut (Izrail AS) adalah seperti rupa malaikat Israfil AS dengan beberapa wajah, lisan dan sayap yang sangat besar dan kuat (kekar) tidak kurang tidak lebih.

Mengenai Malaikat Maut (Izrail AS) ada pasal tersendiri...

dari kitab Daqoiqu Al-Akhbar;fi Dzikri al jannati wa an Nari; karya: Imam Abdurrahim bin Ahmad Al Qodhiy

Post a Comment for "4 Malaikat Agung yang diciptakan Allah Ta'ala"